ENREX : Sebuah Revisi dari Pentingnya Pasar Karbon dan Signifikansinya dalam Dunia Crypto

Sebagai inovator di pasar, adalah tugas kami untuk mendidik pengikut kami tentang perkembangan di pasar penyeimbang karbon. Ini adalah topik relevansi kritis. Kesepakatan Paris menetapkan tujuan keberlanjutan untuk hidup kita, sedangkan janji Glasgow berjanji untuk menyumbangkan $100 miliar setiap tahun untuk mendukung proyek keberlanjutan di negara berkembang. Hal ini menunjukkan komitmen yang berkembang untuk mendukung kegiatan keberlanjutan di seluruh dunia. Ini menciptakan kemungkinan, serta tantangan dan relevan untuk semua perusahaan, termasuk yang ada di industri blockchain. Salah satu cara paling efektif untuk secara efektif

Pasar Karbon: Ringkasan

Pertama-tama, kami ingin pasar Karbon dibagi menjadi dua jenis yang serupa namun berbeda — pasar sukarela dan pasar yang diatur. Pasar karbon sukarela mencakup semua transaksi kredit karbon yang tidak dibeli dengan maksud untuk tunduk pada pasar yang diatur secara aktif. Ini hanya mencakup penggantian kerugian yang dibeli dengan tujuan untuk dijual kembali atau dihentikan untuk memenuhi persyaratan netral karbon atau emisi nol bersih.

Permintaan sukarela untuk penggantian kerugian didorong oleh perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengimbangi karbon mereka sendiri dan emisi gas rumah kaca lainnya, yang dikenal sebagai pembeli sukarela, serta entitas lain yang membeli penggantian kerugian sebelum kepatuhan sebelum pengurangan emisi diwajibkan secara hukum. Hal ini sangat membantu dalam membangun citra publik dari sebuah perusahaan. Raksasa teknologi Google telah mengimbangi seluruh emisi CO2 operasional mereka selama masa pakai perusahaan. Microsoft berencana untuk melakukan hal yang sama dan telah menjadi perusahaan emisi nol bersih selama beberapa tahun.

Sementara itu, pengurangan emisi yang dimandatkan secara hukum beroperasi pada skala yang jauh lebih besar. Mereka didorong oleh batasan wajib pada emisi gas rumah kaca. Pasar karbon wajib adalah entitas di mana entitas yang diatur pemerintah membeli dan menyerahkan tunjangan emisi (izin karbon, juga dikenal sebagai kredit karbon) atau jenis penyeimbangan lainnya untuk memenuhi target peraturan yang telah ditentukan sebelumnya. Penetapan harga karbon dicapai dengan dua cara:

● Sistem cap-and-trade — Batas polusi ditetapkan dan izin dikeluarkan yang mengharuskan pencemar mengeluarkan karbon.
● Sistem pajak karbon — Pajak di perbatasan internasional dan pajak dalam satu wilayah pemerintah dipungut atas berbagai barang dan jasa yang menghasilkan emisi karbon.

Program cap-and-trade memungkinkan peserta-seringkali baik emiten dan perantara keuangan-untuk memperdagangkan tunjangan untuk mendapat untung dari tunjangan atau kredit yang tidak digunakan dan/atau untuk memenuhi persyaratan peraturan. Saat ini, skema kepatuhan yang paling aktif adalah: European Union Emissions Trading Scheme (EU ETS) dan China National ETS, didirikan pada tahun 2021. Jumlah negara yang bergabung dengan skema dan membangun protokol mereka sendiri meningkat pesat, dan diperkirakan bahwa volumenya akan melampaui 1 triliun dolar pada tahun 2021.

Komponen penting lainnya dari pasar karbon — yang menawarkan cara yang sangat berbeda untuk mengatasi masalah iklim — adalah apa yang disebut dengan sertifikat energi terbarukan (REC). Offset terutama mewakili pengurangan keseluruhan karbon dan emisi gas rumah kaca lainnya ke atmosfer, sementara REC mewakili jumlah energi yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan. REC menjadi mekanisme offset ketika energi bersih yang dihasilkan dengan cara ini diubah menjadi pengurangan karbon, yang biasanya dilakukan dengan menunjukkan bahwa jenis pembangkit energi ini menggantikan jumlah bahan bakar fosil yang setara. REC juga memiliki dua jenis pasar karbon yang beredar — sukarela dan wajib.

Pengimbangan Karbon

Pengimbangan karbon berkisar dari beberapa ratus ton CO2 per tahun hingga jutaan ton. Oleh karena itu, mereka dapat disesuaikan dan dapat diakses oleh berbagai bisnis. Ada berbagai sektor keuangan di mana pengurangan karbon dimungkinkan melalui proyek offset tertentu. Ini adalah:

● Energi terbarukan — seperti yang disebutkan sebelumnya, menghasilkan energi dari sumber daya alam alih-alih bahan bakar fosil mengarah pada pengurangan emisi gas rumah kaca secara keseluruhan. Sertifikat energi terbarukan diubah menjadi penyeimbang karbon dengan mengubah energi hijau menjadi pengurangan karbon.
● Tunjangan karbon atau kredit karbon — Tunjangan karbon memberi proyek peluang untuk mengimbangi emisi karbon dengan memilih keluar dari skema perdagangan emisi. Dengan membeli sertifikat, pembeli setuju untuk mematuhi batas yang ditetapkan.
● Likuidasi polutan industri — berbagai polutan industri seperti nitrous oxide, hidrofluorokarbon, dan perfluorokarbon memiliki potensi pemanasan global yang besar. Hal ini berkaitan dengan menangkap dan membuang polutan ini langsung pada sumbernya;
● Menangkap dan membakar metana — metana dikumpulkan dan dibakar sedemikian rupa sehingga setiap molekul metana diubah menjadi CO2, dan karena metana 23 kali lebih mencemari daripada CO2, efek pemanasan global berkurang sebesar 9,6%.

● Proyek dan peningkatan efisiensi energi — upaya konservasi energi yang komprehensif untuk mengurangi permintaan energi. Jenis program offset ini mendanai kogenerasi atau gabungan pembangkit listrik dan panas, efisiensi bahan bakar, arsitektur hemat energi, peningkatan teknologi yang sudah ketinggalan zaman.
● Penyerapan karbon — rencana jangka panjang untuk menyimpan karbon di tanaman, tanah, formasi geologi, dan laut.

Enrex akan berpartisipasi dalam pasar karbon wajib serta pasar offset karbon sukarela dan bekerja dengan REC. Enrex sangat yakin bahwa jenis penyeimbang karbon ini memiliki dampak terbesar sekaligus dapat diakses oleh semua orang. Pasar penyeimbang karbon adalah industri yang terus berkembang. Pertumbuhan ini meningkatkan biaya sertifikat karbon. Biayanya diperkirakan akan mencapai antara $20 dan $50 per metrik ton CO2 pada tahun 2030 — peningkatan sepuluh kali lipat dari harga saat ini.

Kebutuhan pasar karbon di industri kripto

Pada saat tertentu, sistem yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia bersenandung, memecahkan masalah matematika kompleks yang menciptakan dan mempertahankan Bitcoin, Ethereum, dan altcoin lainnya.

Jaringan inilah yang membuat cryptocurrency begitu menarik: terdesentralisasi, selalu aktif, dan mudah diperdagangkan. Tetapi itu juga berarti bahwa jaringan tersebut terus-menerus menghabiskan energi — hal yang sulit bagi banyak orang yang skeptis dan kritikus terhadap cryptocurrency. Cryptocurrency dan blockchains pada dasarnya memiliki tantangan masalah yang sama, tidak hanya konsumen energi terbesar, yaitu Bitcoin.
Crypto Climate Accord, yang diilhami oleh Perjanjian Paris 2015, dibuat untuk memerangi masalah yang tidak pernah berakhir dengan emisi karbon kripto. Ini bertujuan untuk mengubah setiap blockchain yang tersedia di seluruh dunia menjadi 100% energi terbarukan pada tahun 2030. Ini akan membutuhkan penyesuaian yang cepat, karena hari ini, Bitcoin saja menyumbang penggunaan energi, lebih tinggi dari Belanda dan hampir sama dengan emisi, yang diciptakan oleh semua dari pusat data dunia.

Pemikiran terakhir dan solusi Enrex untuk membersihkan industri kripto

Kebenaran brutal adalah ini: Tidak ada yang bisa mengubah individu atau perusahaan menjadi sepenuhnya sadar iklim. Banyaknya politisi yang secara terbuka menyangkal perubahan iklim hanya menegaskan hal ini. Menjadi sadar iklim adalah pilihan sadar yang harus dibuat oleh semua orang dan bisnis untuk diri mereka sendiri.

Enrex membantu mereka yang ragu-ragu dengan menjadi alat yang sempurna untuk mempersingkat proses menjadi "hijau", menghilangkan birokrasi, dan memberikan transparansi dan ketertelusuran. Penyedia solusi Blockchain seperti Enrex memikul tanggung jawab dan kesulitan operasional dalam menerapkan, mengelola, dan melaksanakan proses kompensasi. Yang perlu dilakukan pelanggan hanyalah menyediakan data dan meminimalkan emisi gas yang mengubah iklim.

Enrex adalah solusi pamungkas untuk mengimbangi aktivitas kripto dengan kredit karbon dan penyeimbangan karbon. Dengan aplikasi canggih kami dan kemampuan operasional yang mahir, kami memberikan janji terbesar untuk proyek kripto untuk meningkatkan tujuannya yang ramah iklim. Platform kami menyediakan semua alat yang diperlukan untuk membuat dunia kripto menjadi 'hijau' mungkin!

--

--

A blockchain venture company that bridging good projects to cryptocurrency enthusiast, have a vision to educate and empower community in Asia.

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Dreamboat Capital

Dreamboat Capital

337 Followers

A blockchain venture company that bridging good projects to cryptocurrency enthusiast, have a vision to educate and empower community in Asia.